Senin, 17 Januari 2011

Sistem Jaringan

1. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.







2. Macam - Macam Jaringan



a. Jaringan Menurut Cakupan Geografisnya
1. Local Area NetWork (LAN)
  Merupakan suatu jaringan komputer yang masih berda di dalam gedung atau ruangan seperti digunakan di rumah, perkantoran, industry, akademi, rumah sakit dll. 

• Keuntungan menggunakan LAN :
1. Dapat menghubungkan computer dalam jumlah banyak .
2. Access antar computer berlangsung cepat dan mudah .
3. Dapat saling bertukar informasi dengan para pengguna (client).
4. Dapat Memback up Data pada computer lain tanpa harus membongkar hardisk.
5. Hemat waktu dan biaya.
 
2. Metropolotan Area Network(MAN)
Merupakan pengembangan dari local area network jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bias saling berjauhan tergantung dari panjang kabel yang kita gunakan. 

3. Wide Area Network (WAN)
Merupakan bentuk jaringan komputer yang terdiri dari LAN dan MAN jaringan MAN telah memenuhi berbagai system jaringan seperti perbankkan jual beli secara online di internet.
Jaringan penjualan jasa dan jaringan lainnya wan menggunakan protocol internet NSP (network cervice propider) tanpa NSP jaringan wan tidak dapat bekerja.
 
Jaringan WAN memiliki beberapa kelebihan:
1. Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
2. Apabila terhubung dengan jaringan internet msk teransper file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email.

Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia melalui satelit atau jaringan telepon yang memungkinkan para penggunanya dapat saling berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar